IBX5AE02DED33218

5 Penyebab Terjadinya Produksi ASI yang Kurang

ASI merupakan sumber nutrisi utama bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda. Kualitas ASI akan mempengaruhi perkembangan otak dan juga organ lainnya. ASI eksklusif harus diberikan dalam waktu 6 bulan. Lantas jika ASI mengalami menurunkan produktivitas Anda harus mengetahui 6 penyebab ini.

Produksi ASI yang Kurang

1. Permasalahan Hormonal dan Endoktrin
Masalah hormonal dan endoktrin akan mempengaruhi produktivitas ASI Anda. Keadaan ini terjadi karena adanya kondisi kadar tiroid yang tidak stabil, diabetes dan ibu yang mengalami hipertensi. Bisa juga karena disebabkan Anda mengalami kehamilan. Permasalahan ini bisa Anda atasi dengan makanan yang bergizi tinggi dan istirahat yang cukup.

2. Efek Samping Alat Kontrasepsi
Pemasangan alat kontrasepsi hormonal terutama yang mengandung hormon estrogen akan memberikan efek samping pada Anda. Mulai dari perubahan kondisi badan dan juga stabilitas ini sampai dengan produktivitas ASI.  Ketika Anda mengalami keluhan segera konsultasikan kepada dokter yang bersangkutan untuk mendapatkan solusi agar produktivitas ASI tetap terjaga.

3. Jarang Menyusui Bayi
Menyusui bayi tidak hanya akan menyehatkan bayi Anda tetapi juga untuk menjaga kesehatan dan bentuk tubuh yang ideal. ASI akan terus diproduksi tubuh jika Anda tidak mengalami permasalahan, namun produksi ASI akan berkurang dengan sendirinya ketika tidak disusui ke pada bayi Anda.

Kondisinya ketika payudara kosong makan organ di dalam tubuh akan mengantarkan nutrisi untuk pembentukan ASI. Namun jika kondisi payudara tetap penuh makan ASI tidak akan diproduksi karena tidak ada ruang yang tersedia. Selain itu juga dipengaruhi oleh daya isap bayi pada payudara Anda.

4. Kekurangan Kalsium dan Mengalami Anemia
Gizi merupakan faktor utama yang akan menjadi dasar produktivitas ASI. Ketika Anda mengalami kekurangan gizi terutama pada kalsium hingga mengalami anemia maka tentu ASI akan menjadi berkurang. Selama masa menyusui nutrisi yang dibutuhkan tubuh harus terpenuhi dengan stabil agar Anda dan baik tetap dalam keadaan sehat.

Anda bisa mengatur pola makan Anda dengan memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu cara yang akan membantu Anda dengan mengkonsumsi susu ibu menyusui secara rutin. Susu memiliki kandungan kalsium dan gizi yang akan mencegah Anda mengalami anemia.

Susu ibu menyusui ini hadir dengan berbagai varian yang bisa Anda dapatkan di Orami toko perlengkapan ibu dan bayi. Harga diskon lebaran sale hingga 18% bisa Anda nikmati yang berlaku di setiap item. Tidak hanya susu untuk ibu menyusui tetapi juga susu untuk bayi Anda.

5. Mengalami Masitis
Kondisi kesehatan yang Anda alami akan mempengaruhi produktivitas ASI. Masitis merupakan masalah kesehatan yang terjadi di area payudara di mana adanya gumpalan atau benjolan karena ASI yang mengalami penyumbatan. Kondisi ini merupakan akibat dari menyusui yang tidak teratur. Masitis ini dapat Anda atasi dengan melakukan pijatan di area payudara.

Kesehatan merupakan bagian terpenting untuk terhindar dari berbagai macam penyakit. Tidak hanya pada masa kehamilan tetapi juga saat masa menyusui Anda harus tetap menjaga kesehatan. Kesehatan Anda akan mempengaruhi kondisi kesehatan bayi.

0 komentar:

Post a Comment