IBX5AE02DED33218

Jambu Biji Mampu Naikkan Trombosit Untuk Sembuhkan DBD

Selain dengan mendapatkan penanganan dari dokter dan juga meminum obat yang sudah diresepkan, biasanya untuk membantu mempercepat penyembuhan suatu penyakit dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang alami seperti buah-buahan.

Nah salah satu buah-buahan yang sudah terkenal dapat membantu mempercepat pemulihan seseorang yang menderita penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah buah jambu biji. Buah berwarna hijau di luar dan merah muda di dalam ini sangat sering dikaitkan dengan penyakit DBD.

Jambu Biji

Penyakit DBD sendiri pada umumnya disebabkan oleh virus dengue yang penyebarannya terjadi melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Kedua jenis nyamuk ini banyak berkembang biah di daerah padat penduduk seperti di kota-kota besar di negara-negara subtropis yang beriklim lembap dan hangat.

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang membahayakan. Pasalnya penyakit ini dapat membuat suhu tubuh penderita menjadi sangat tinggi dan biasanya disertai dengan sakit kepala, nyeri sendi, otot dan tulang, juga nyeri di bagian belakang mata.

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2017 lalu mengungkapkan bahwa zat aktif yang ada di dalam jambu biji, yaitu trombinol, mampu merangsang trombopoietin lebih aktif, sehingga dapat menghasilkan keping darah yang lebih banyak. Trombopoietin sendiri merupakan hormon yang berfungsi mengatur kadar jumlah trombosit pada tubuh.

Tidak hanya itu, kandungan jambu biji yang banyak terdapat pada jambu biji cukup ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, setelah sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat maka sel darah putih dapat memberikan perlawanan yang baik terhadap virus. Bahkan hingga mampu mengalahkan virus tersebut.

Ketika tubuh terkena virus demam berdarah yang disebabkan oleh gigitan nyamuk, maka biasnya gejala yang akan muncul adalah turunnya kadar trombosit pada tubuh. Trombosit atau keping darah ini memiliki peran untuk menggumpalkan dan membekukan darah jika terjadi luka.

Jika trombosit turun maka akan membuat tubuh tidak bisa membekukan darah sehingga dapat menyebabkan pendarahan.

Nah di sinilah jambu biji berperan penting dalam proses pemulihan penyakit DBD, karena telah banyak penilitian yang mengungkapkan manfaat jambu biji untuk pasien demam berdarah. Dimana jambu biji mampu membuat kadar trombosit naik dan menjadi normal.

Bagaimana cara kerja jambu biji menaikkan kadar trombosit pada orang yang terkena penyakit DBD?

0 komentar:

Post a Comment