IBX5AE02DED33218

Cara Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak

Setiap anak memiliki keistimewaan masing-masing. Keistimewaan dari masing-masing anak tidak bisa dibandingkan antara satu dengan lainnya. Anak-anak yang mendapatkan pola pengasuhan yang baik biasanya akan memiliki kemampuan untuk mengenali dan juga mengembangkan potensi dirinya dengan baik. Perkembangan anak yang optimal biasanya disertai dengan perkembangan kemampuan kognitif agar anak bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. Masing-masing anak memiliki kemampuannya masing-masing  yang tidak bisa disamakan dengan yang lainnya. Keistimewaan dari masing-masing anak inilah yang membuat anak harus diberikan pola pengasuhan yang optimal untuk mengembangkan dirinya dengan baik. Setidaknya ketika anak sudah dapat berkembang kemampuannya dengan baik, anak akan tubuh dengan optimal dan juga dengan kapasitas diri yang berbeda.

Kemampuan Kognitif Pada Anak

Secara umum setiap orang memiliki potensi yang berbeda. Kemampuan untuk melatih dan memaksimalkan otak dan potensinya yang ada inilah yang harus terus dikembangkan agar bisa memiliki kemampuan diri yang lebih maksimal. Tidak jarang seseorang memiliki kemampuan yang berbeda dari yang lainnya. Apabila tidak dilakukan analisa dan juga pengenalan dengan baik, potensi inia akan hilang begitu saja. Setiap manusia dikaruniai dengan kemampuan unik yang berbeda antara satu dengan lainnya. Jadi sebagai bentuk rasa syukur harus dikembangkan dengan baik dan juga dimanfaatkan dengan lebih maksimal lagi. Potensi-potensi inilah yang harus senantiasa dikembangkan dengan baik supaya mampu menghasilkan pribadi yang lebih istimewa.

Aspek kognitif anak bisa dikembangkan apabila anak diberikan ruang untuk mengembangkan kreatifitas dirinya. Anak yang kreatif biasanya memiliki lingkungan yang mendukungnya untuk tumbuh kreatif. Daya imajinasi yang baik pada anak harus senantias dilatih dengan baik agar bisa berkembang dan juga membuat anak lebih cerdas. Bermain merupakan salah satu media yang cukup efektif untuk mengembangkan imajinasi anak. Ketika anak sedang bermain, maka anak akan berimajinasi dengan seluruh mainannya. Sehingga jika anak-anak dibiarkan bermain dengan leluasa, tidak heran jika daya imajinasinya lebih baik jika dibandingkan dengan anak yang tidak memiliki kebebeasan untuk bermain.

Ada beberapa permainan yang mengasah anak untuk berfikir kreatif dan juga meningkatkan daya imajinasinya. Apabila dimainkan dengan baik, maka anak akan tumbuh menjadi pribadi yang penuh dengan kreatifitas. Terkadang pada saat sedang bermain, akan ada masalah-masalah yang muncul. Sehingga di dalam permainan tersebut, anak akan dituntut agar bisa menyelesaikan masalah yang dihadapinya dalam permainan. Misalnya ada permainan menyusun balok. Di dalam permainan ini, anak-anak akan diminta megembangkan daya kreatifitasnya membuat bentuk-bentuk yang diinginkannya dengan menggunakan balok. Tentunya anak akan dituntut agar menyelesaikan masalah bagaimana membentuk beberapa benda yang ingin dijadikan mainan menggunakan balok-balok yang disusun secara rapi.

Bermain musik merupakan salah satu cara yang cukup bagus juga untuk membuat anak bisa terasah daya imajinasinya. Mengajak anak untuk bermain musik seperti bermain piano dengan memainkan lagu-lagu yang disukainya, membuat anak lebih mudah untuk mengembangkan imajinasinya dan juga membuat anak memiliki perasaan yang cukup peka. Selain itu, mengajak anak untuk bermain musik, akan membuat anak memiliki daya ingat yang cukup baik. Daya ingat anak untuk mengingat nada-nada lagu yang dimainkan serta lirik lagu yang dinyanyikan tentu saja akan membuat anak-anak menjadi anak yang memiliki perasaan yang lebih peka. Secara psikologis, bermain musik juga bagus untuk perkembangan mentalnya menjadi lebih halus dan juga lebih optimal.

Memberikan les musik pada anak akan membuat anak memiliki kemampuan motorik yang bagus pula. Sehingga perasaan lebih halus, motoriknya berkembang dan juga secara psikologis anak lebih cerdas. Selain bermain musik, orang tua juga bisa memberikan bacaan berupa buku-buku cerita kepada anak. Tujuannya adalah untuk melatih daya imajinasi anak menjadi lebih baik. Daya imajinasi ini apabila dilatih dengan baik akan membuat anak lebih kreatif dan mampu bersikap lebih inovatif dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada. Serta mampu menciptakan sesuatu yang sama sekali tidak terfikirkan. Berawal dari cerita-cerita yang dibacakan seperti dongeng-dongeng binatang akan membuat anak bisa berfikir lebih kreatif dengan mengimajinasikan hewan tersebut sesuai dengan jalan ceritanya.

Kebiasaan membacakan cerita kepada anak juga akan membuat ikatan antara orang tua dengan anak akan lebih kuat. Itulah sebabnya sangat disarankan pada orang tua untuk memberikan waktu guna membacakan dongeng kesukaan anak sebelum tertidur. Selain untuk meningkatkan hubungan baik antara orang tua dan anak, ternyata juga memiliki manfaat untuk meningkatkan daya imajinasi anak dan membuat anak lebih kreatif. Aspek kognitif anak juga akan meningkat dengan semakin seringnya dilatih. Tidak lupa dukungan nutrisi yang seimbang untuk tumbuh kembangnya. Salah satunya adalah dengan memberikan susu friso yang mengandung vitamin dan mineral untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak dengan segala keunikannya.

0 komentar:

Post a Comment